Friday, September 13, 2013

CEKLIST OBSERVASI UNTUK GURU (INSTRUMEN 3)









INSTRUMEN 3
CEKLIST OBSERVASI UNTUK GURU

No
Indikator
Skor Penilaian
SB
B
C
K
SK
I.
PRA PEMBELAJARAN





1
Mempersiapkan siswa untuk belajar





2
Melakukan kegiatan Apersepsi





II.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN





A.
Penguasaan Materi Pembelajaran





3
Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran





4
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan





5
Menyampaikan materi dengan jelas sesuai dengan hierarki belajar dan karakteristik siswa





6
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan





B.
Pendekatan/ Strategi Pembelajaran





7
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai





8
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa





9
Melaksanakan pembelajaran secara runtut





10
Menguasai kelas





11
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual





12
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif





13
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan





C.
Pemanfaatan Sumber Belajar/ Media Pembelajaran





14
Menggunakan media secara efektif dan efisien





15
Menghasilkan pesan yang menarik





16
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media





D.
Pembelajaran yang Memicu dan Memelihara Keterlibatan Siswa





17
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran





18
Menumbuhkan sikap terbuka terhadap respon siswa





19
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar





E.
Penilaian Proses dan Hasil Belajar





20
Memantau kemajuan belajar selama proses





21
Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)





F.
Penggunaan Bahasa





22
Menggunakan bahasa lisan atau tulis secara jelas, baik, dan benar





23
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai





III.
PENUTUP





24
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa





25
Melakukan tindak lanjut dengan memberikan arahan, kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/ pengayaan







                                                                                                                            Observer I



                                                                                                                            ......................................................


No comments:

Post a Comment