INSTRUMEN
3
CEKLIST
OBSERVASI UNTUK GURU
No
|
Indikator
|
Skor
Penilaian
|
||||
SB
|
B
|
C
|
K
|
SK
|
||
I.
|
PRA PEMBELAJARAN
|
|||||
1
|
Mempersiapkan
siswa untuk belajar
|
|||||
2
|
Melakukan
kegiatan Apersepsi
|
|||||
II.
|
KEGIATAN INTI
PEMBELAJARAN
|
|||||
A.
|
Penguasaan Materi
Pembelajaran
|
|||||
3
|
Menunjukkan
penguasaan materi pembelajaran
|
|||||
4
|
Mengaitkan
materi dengan pengetahuan lain yang relevan
|
|||||
5
|
Menyampaikan
materi dengan jelas sesuai dengan hierarki belajar dan karakteristik siswa
|
|||||
6
|
Mengaitkan
materi dengan realitas kehidupan
|
|||||
B.
|
Pendekatan/ Strategi
Pembelajaran
|
|||||
7
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai
|
|||||
8
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa
|
|||||
9
|
Melaksanakan
pembelajaran secara runtut
|
|||||
10
|
Menguasai
kelas
|
|||||
11
|
Melaksanakan
pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
|||||
12
|
Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
|
|||||
13
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
|
|||||
C.
|
Pemanfaatan Sumber
Belajar/ Media Pembelajaran
|
|||||
14
|
Menggunakan
media secara efektif dan efisien
|
|||||
15
|
Menghasilkan
pesan yang menarik
|
|||||
16
|
Melibatkan
siswa dalam pemanfaatan media
|
|||||
D.
|
Pembelajaran yang
Memicu dan Memelihara Keterlibatan Siswa
|
|||||
17
|
Menumbuhkan
partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
|
|||||
18
|
Menumbuhkan
sikap terbuka terhadap respon siswa
|
|||||
19
|
Menumbuhkan
keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar
|
|||||
E.
|
Penilaian Proses dan
Hasil Belajar
|
|||||
20
|
Memantau
kemajuan belajar selama proses
|
|||||
21
|
Melakukan
penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
|
|||||
F.
|
Penggunaan Bahasa
|
|||||
22
|
Menggunakan
bahasa lisan atau tulis secara jelas, baik, dan benar
|
|||||
23
|
Menyampaikan
pesan dengan gaya yang sesuai
|
|||||
III.
|
PENUTUP
|
|||||
24
|
Melakukan
refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
|
|||||
25
|
Melakukan
tindak lanjut dengan memberikan arahan, kegiatan, atau tugas sebagai bagian
remidi/ pengayaan
|
Observer I
......................................................
No comments:
Post a Comment